[Repost] 6 Terapi Dengki


Ingatlah ketika pertama kali Nabi Adam alaihissalam diciptakan, iblis pun terkena penyakit ini yang membuatnya dilaknat oleh Allah. Belajar dari sana, maka seorang muslim yang hanif tentulah sadar bahwa penyakit dengki / iri hati / hasad adalah penyakit yang harus diatasi mengingat bahaya yang ditimbulkannya teramat besar. Berikut ada beberapa kiat untuk mengatasi penyakit dengki tersebut.

1. Mengakui bahwa dengki itu merupakan sebuah penyakit akut yang harus dihilangkan.

2. Meng-imani bahwa segalanya telah ditetapkan berdasarkan qadha dan qadar-Nya kepada para hamba-Nya, tidak akan berubah dan tertolak karena ketamakan dan kedengkian seseorang. Sehingga pada hakekatnya, sifat dengki adalah sifat yang sia-sia bahkan justru mengotori keimanan kita.
3. Membiasakan untuk memaksakan diri melakukan kebalikan dari perbuatan-perbuatan negatif yang muncul sebagai akibat dari sifat dengki/hasad dengan amal perbuatan yang bermanfaat. Allah ta’ala berfirman,

"Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, Maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara Dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. (QS. Fushshilat: 34).

Jika sifat dengki mendorong kita untuk menggunjing / memfitnah orang yang didengki, maka paksakan lidah untuk memberikan pujian kepada orang tsb. Jika sifat dengki membuat kita jadi bersikap sombong, maka paksakan untuk bersikap tawadhu’ (rendah hati), memuliakan kepada orang yg kita dengki. Jika sifat dengki membuat kita haus akan kedudukan & jabatan maka paksakan diri bersifat zuhud. Jika sifat dengki membuat kita jadi tamak (rakus) harta maka paksakan untuk bersifat qana’ah dan berinfak, dst. Di awal-awal akan terasa begitu berat melakukan berbagai hal tersebut, namun selanjutnya dengan pertolongan Allah, insya Allah kita akan terbiasa melakukannya dengan rasa ikhlas, dan kemudian hal itu menjadi bagian dari karakter kita.

4. Tetap memohon akan karunia-Nya. Allah berfirman,

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain, (karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu.” (An Nisa: 32)

5. Bersandar kepada Allah, bermunajat serta memohon kepada-Nya agar berkenan mengeluarkan penyakit yang kotor ini dari dalam hatinya.

6. Hidup di dunia ini sangatlah singkat. Banyak-banyaklah mengingat mati. Janganlah membuang-buang waktu dengan rasa galau akibat dengki yang dipupuk dan dipendam dalam hati. Abu Darda radhiallahu ‘anhu mengatakan,

“Seorang yang memperbanyak mengingat mati, niscaya akan sedikit girangnya dan sedikit pula sifat hasadnya” [Hilyatul Auliya 1/220]

Semoga dimudahkan bagi kita semua...



Artikel : muslim.or.id
Via @alhikmahjkt
Berdakwah @ LINE | www.berdakwah.net

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Moisture White Shiso™ BB Serum Inside Review

Cara membuat quote atau meme dengan Pixteller

[TUTORIAL] CARA MEMBUAT HEADER BLOG TANPA PHOTOSHOP