[Liqa1] Mengenal Alqur'an


Assalamu'alaikum...
Alhamdulillah, pada postingan kali ini saya akan membagikan hasil dari halaqah yang saya ikuti, agar ilmu yang saya terima tidak hanya berhenti di saya. Pada postingan pertama liqa ini saya akan menulis kembali tentang mengenal Al-Quran. Semoga bermanfaat :)

Berikut pengertian Al-Quran :

1. Al-quran merupakan Kalamullah (perkataan Allah)

 Hal ini juga dijelaskan dalam Al-Quran :
  • Q.S. An Najm Ayat 3 - 5 : dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya (Muhammad)[3]. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)[4]. yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat[5].
  • Q.S. Al Hijr Ayat 9 : Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.
2. Al-Quran sebagai mukjizat  yang diberikan kepada Nabi Muhammada SAW

  • Q.S Al Baqarah Ayat 23 : Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.
3. Al-Quran diturunkan didalam hatinya Rasulullah SAW

  • Q.S Asy  Syu'ara Ayat 192 - 196 : Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam[192], dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril)[193],ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan[194],dengan bahasa Arab yang jelas[195]. Dan sesungguhnya Al Quran itu benar-benar (tersebut) dalam Kitab-kitab orang yang dahulu[196].
 4. Disampaikan secara muttawir (teratur)

Al-Quran tidak diwahyukan kepada Rasulullah SAW secara sekaligus melainkan secara berangsur-angsur sesuai dengan situasi dan kondisi yang berlaku pada saat itu.

5. Membacanya adalah ibadah
  • Q.S Al Fatir Ayat 29 - 30 : Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi[29], agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri[30].

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Moisture White Shiso™ BB Serum Inside Review

Cara membuat quote atau meme dengan Pixteller

[TUTORIAL] CARA MEMBUAT HEADER BLOG TANPA PHOTOSHOP